Rabu, 18 November 2015

Relief GRC motif Batik Parang desain GRC Hexacon

Batik Parang adalah motif batik yang penuh cerita sejarah, konon diciptakan oleh sultan Mataram saat bertapa di tepi pantai laut selatan yang penuh tebing perbukitan (pereng=bhs jawa) dan bentukan dasar huruf ‘S’ terinspirasi oleh ombak lautan yang bermakna semangat pantang menyerah dan jalinan tak pernah putus untuk memperjuangkan kesejahteraan. 
motif batik parang
cutteristic motif batik parang (sumber: internet)
Pada jaman dulu kain motif batik parang hanya digunakan oleh raja, bangsawan atau para ksatria kerajaan Mataram dan konon dilarang untuk dikenakan oleh rakyat biasa. Jika pembaca penasaran akan info lebih detail tentang batik parang bisa dibaca di situs wikipedia pada link berikut.
baju motif batik parang
baju sarimbit motif batik parang (sumber: internet)
Selanjutnya setelah masa kerajaan Mataram berakhir, motif batik parang tetap dijunjung tinggi dan dipakai pada acara-acara seremonial atau dipilih sebagai hadiah/kado berharga dari orang tua kepada anaknya. Pada jaman modern motif batik parang jadi amat populer di masyarakat dan diaplikasikan secara luas tidak terbatas pada pakaian namun juga pada berbagai media seperti tas, hiasan dinding bahkan alat musik gitar.
tas kulit motif batik parang
tas kulit motif batik parang (sumber: internet)
gitar motif batik parang
gitar motif batik parang (sumber: internet)
Tim desain GRC Hexacon juga membuat desain batik parang untuk keperluan relief GRC dari klien beberapa waktu lalu. Relief GRC motif batik ini cocok dipakai sebagai ornamen dekoratif, wall partition, divider room dan  cladding untuk bangunan rumah tinggal, resto, hotel, mall atau tempat wisata yang bernuansa etnik khas Indonesia.
relief GRC motif batik parang
relief GRC motif batik parang
Nah semoga dengan semangat berbudaya di masyarakat Indonesia lewat mengkreasikan motif batik parang pada berbagai media, budaya batik makin terjaga kelestariannya sebagai khasanah berharga nusantara. Lha artis Hollywood seperti Jessica Alba aja dengan bangga memakai baju motif batik parang, koq kita yang orang Indonesia masih mikir-mikir menggunakannya. Terima kasih.
Jessica Alba dengan gaun motif batik parang
Jessica Alba dengan gaun batik parang (sumber: internet)
korek api motif batik parang Indomaret
korek api motif batik parang Indomaret


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

GRC pada Gedung Baru RS PELNI Jakarta

  GRC pada Gedung  Baru Rumah Sakit Pelni Jakarta  GRC Hexacon sebagai Produsen dan Suplyer GRC terbaik di Indonesia  GRC HEXACON INDONESIA ...