Rabu, 21 Oktober 2015

Mengenal Jenis Material Roster yang Umum di Pasaran

Bagi kita yang hidup di daerah tropis, roster atau juga disebut loster, jalusi, angin-angin atau lubang angin atau ventilation brick dalam bahasa inggris adalah komponen bangunan rumah yang disarankan demi terciptanya ventilasi udara alami. Tanpa ventilasi udara yang cukup, akan bisa dibayangkan betapa pengapnya suasana rumah kita. Memang fungsi utama roster adalah sebagai ventilasi udara, namun dengan pemilihan material dan penataan roster yang tepat juga akan mempercantik fasade rumah kita.

roster sebagai ventilasi udara ruangan
roster sebagai ventilasi udara ruangan
Bagi pembaca yang saat ini hendak memasang roster/ ventilasi udara pada bangunan rumah, ada baiknya kita mengenal beberapa jenis roster yang umumnya tersedia di pasaran.

 1. Roster Terakota/Tanah Liat
Merupakan roster yang terbuat dari terakota atau tanah liat dibakar. Memiliki warna cokelat kemerahan seperti bata dan harganya sangat terjangkau. Cocok untuk tampilan alami dipadu dengan material alam seperti kayu/bambu ekspose atau bisa juga dicat. Kekurangannya adalah kurang kuat dibanding roster beton.
roster terakota / tanah liat
roster terakota/tanah liat
ruangan dengan ventilasi roster terakota / tanah liat
ruangan dengan ventilasi roster terakota/tanah liat
2. Roster Beton
Adalah roster yang terbuat dari campuran semen, air dan agregat seperti batako atau beton. Karena itu ada yang menyebutnya roster batako lantaran kesamaan material dan cara pembuatannya. Kelebihan roster beton adalah motifnya bisa dibuat beranekaragam, proses pembuatannya cepat, harganya terjangkau, kuat dan tahan cuaca seperti sifat beton pada umumnya. Dengan penataan dan finishing yang tepat maka roster beton juga pilihan bagus buat mempercantik fasade rumah.

roster beton
beberapa motif roster beton
pagar roster beton
pagar dengan material roster beton

3. Roster Keramik
Roster yang satu ini masih ada kemiripan dengan roster terakota lantaran proses produksinya membutuhkan pembakaran namun dengan lapisan glazuur maka roster keramik memiliki finishing indah dan berwarna warni seperti perabot keramik yang kita kenal sehingga tidak perlu dicat lagi. Keunggulan lain adalah kuat dan tahan cuaca namun rata-rata harganya lebih mahal daripada roster terakota dan roster beton.

roster keramik
roster keramik motif bunga matahari
roster keramik
roster keramik sebagai partisi kamar mandi

4. Roster Batu Alam
Batu alam adalah material alam yang sering diaplikasikan sebagai pada fasade bangunan rumah dan menjadikannya tampak lebih alami. Beberapa jenis batu alam bisa diukir dan dibentuk menjadi ornamen dekoratif berwujud roster atau lubang ventilasi udara. Kelebihannya adalah tampak alami khas batu alam, awet namun harganya juga relatif mahal dibanding roster beton.

roster batu alam
roster batu alam motif sulur
roster batu alam
contoh roster batu alam yang terpasang


5. Roster Kayu
Roster kayu biasanya dibuat oleh pengrajin mebel/kusen kayu sebagai perpaduan dari aplikasi kusen kayu pada bangunan rumah. Dengan ketrampilan tinggi para pengrajin roster kayu bisa menambah keindahannya dengan seni ukir menjadikannya sebagai ornamen dekoratif yang indah namun harganya juga jadi lebih mahal daripada roster kayu motif polos. Kelemahannya adalah roster kayu perlu dilindungi secara berkala agar aman dari serangan rayap sehingga tetap awet.

roster kayu ukir motif kaligrafi
roster kayu ukir motif kaligrafi
roster sebagai ventilasi udara ruangan
rumah dengan ventilasi roster kayu motif polos
6. Roster Metal/Logam
Roster dari bahan logam mungkin agak jarang tersedia disini namun di beberapa tempat ada juga roster / ventilasi udara yang dibuat dari bahan logam, mulai dari logam kuningan, besi atau alumunium. Karena terbuat dari logam maka roster ini kuat, awet dan motifnya beragam. Namun harganya jelas jauh lebih mahal dibandingkan harga roster beton.

roster ventilasi dari bahan logam
roster ventilasi dari logam yang terpasang

Nah pembaca sekalian semoga contoh-contoh di atas bisa menambah pengetahuan kita tentang roster/ lubang ventilasi. Untuk jenis roster mana yang akan dipilih tentu tergantung pertimbangan dan selera masing-masing. Terimakasih.

Bila Anda berminat memesan produk roster beton, krawangan GRC (Glassfibre Reinforced Cement), relief GRC, kubah GRC, GRC cladding, ataupun panel dekoratif lainnya dengan motif customized kami siap mensupport kebutuhan anda.
Silahkan hubungi kami di :

email : grc.hexacon@gmail.com
telp : Hisyam (082333058000) / Rizal Rahmansyah,ST (082257376999/085858233999)
kantor pemasaran : Jl. A Yani 31 Mojoagung-Jombang, Jawa Timur 61482

Kami menyediakan berbagai desain krawangan customized sesuai permintaan konsumen.

GRC pada Gedung Baru RS PELNI Jakarta

  GRC pada Gedung  Baru Rumah Sakit Pelni Jakarta  GRC Hexacon sebagai Produsen dan Suplyer GRC terbaik di Indonesia  GRC HEXACON INDONESIA ...